Selasa, 12 Juli 2016

Wisata Rohani Makam Godog


Makam Godog adalah makam yang terletak di lereng Gunung Karacak, tepatnya di Desa Lebak Agung, Kecamatan Karangpawitan, Garut. Makam ini dipercaya sebagai makam Prabu Kian Santang, anak Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran. Informasi mengenai keberadaan makam Godog sebagai makan Kean Santang terdapat dalam beberapa naskah Sunda lama. Di antaranya Babad Godog, Babad Pasundan, dan Wawacan Prabu Kean Santang Aji. Dalam naskah-naskah tersebut diceritakan bahwa Kean Santang adalah putra Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran. Setelah memeluk Islam di Mekah, namanya berubah menjadi Sunan Rahmat. Karena setelah wafat dimakamkan di Godog, tokoh ini juga disebut Sunan Godog.


Didalam makam Godod memiliki tujuh makam diantaranya Makam Kian Santang Yang menjadi Makam Utama, Makam Sembah Dalem Sarepeun Agung, Makam Sembah Dalem Sarepeun Suci, Sembah Dalem Kholipah Agung, dan Santuwaan Marjaya Suci yang semua makam tersebut terdapat didalam ruang tertutup yang berbeda dengan Makam Utama. Dibagian luar terdapat dua makam yaitu makam Syek Dora dan makam Sembah Pager Jaya yang berada pada ruang terbuka dengan letak yang terpisah. Kedua makam tersebut adalah makam Sesepuh juru kunci kawasan Makam Keramat Godog.

Untuk menuju makam Gogod pengunjung memakai hampir semua jenis kendaraan, walaupun berada di lereng gunung tapi kondisi jalan sudah baik, walaupun di beberapa bagian jalan ada yang masih jelek dan berlubang. Makam godog mempunyai lingkungan yang sangat asli, pohon-pohon besar yang berakar menghiasi perjalanan menuju makam.



Kini makam Godog banyak didatangi penziarah. Oleh sebagian orang makam ini memang sangat dikeramatkan, karena Kean Santang sering disejajarkan dengan para wali yang berjasa dalam penyebaran Islam di pulau Jawa. Mereka yang datang bukan hanya dari wilayah Tatar Sunda saja, tetapi banyak pula yang datang dari luar Jawa.


Share This
Previous Post
Next Post

0 komentar: