Minggu, 07 Agustus 2016

Menikmati Pesona Pantai Rancabuaya


Pantai Rancabuaya memang sudah dikenal oleh orang-orang Garut dan sekitarnya, melegenda akan keindahannya. Walaupun memang pantai ini tidak seterkenal Santolo Pameungpeuk atau Pangandaran. Mungkin ini disebabkan waktu tempuh dan medan yang yang lebih berat dari Santolo. Faktor yang lain adalah, di sini memang tersedia berbagai pesona pantai yang menggoda tapi sedikit spot yang bisa di pakai untuk berenang dan berselancar ria layaknya di Santolo. Jadi bagi teman-teman yang sengaja pergi ke pantai untuk berenang memang akan sedikit mengecewakan. Terlepas dari itu pantai ini memiliki keindahan yang tiada duanya. Dan kadang orang menyebut Rancabuaya sebagai “perawan yang tersembunyi”.

Asal-muasal nama Rancabuaya memang saya tidak tahu pastinya dari mana karena sepanjang penjelajahan saya, saya tidak menemukan satu buaya pun, Hehe.  Berbekal satu motor dengan Pertamax full tank, serta satu buah kamera yang kekinian saya memulai penjelajahan saya.

Pantai Rancabuaya
Sekitar pantai Rancabuaya banyak pantai-pantai yang lain yang tidak kalah indahnya, di antaranya pantai Puncak Guha, Pantai Cica Lobak, Pantai Cidora. Jaraknya tidak terlalu jauh dari Rancabuaya. Tapi kebetulan saya tidak sempat pergi ke sana. Yang saya jelajahi hanya sekitar pantai Rancabuaya.

Seorang anak sedang memancaing di tepi pantai.
Jika kita terus menelusuri pantai sampai ke ujung, maka akan menemukan menemukan pemandangan yang cetar ini


Fasilitas
Jika traveller mau menginap, tidak usah khawatir di sini telah tersedia berbagai penginapan mulai yang harga 100ribuan di sekitar rumah-rumah warga atau yang kelas VIP. Ada berbagai penginapan yang tersedia yang paling terkenal adalah VIlla Jaya sakti. Di sini disediakan penginapan yang biasa dan yang VIP. Untuk kuliner juga tidak perlu khawatir, berbagai macam kuliner sea food tersedia di sepanjang garis pantai. Mesjid dan tempat wudu juga tidak akan susah ditemukan.

Sebuah saung dengan pepohonan yang rindang berada tepat di bibir pantai.

Pemandangan Di atas Pantai Rancabuaya
Tiket masuk
Sebenarnya tata kelola pantai ini belum dilaksanakan dengan baik jadi untuk urusan tiket belum terkordinasi dengan baik. Hanya di hari-hari libur dan weekend pos penjagaan di di jaga oleh petugas tiket. Selebihnya siapa pun bisa keluar masuk tanpa dipungut biaya. Tapi jika lagi di jaga, maka traveller harus membayar Cuma Rp 5.000, murah kan.


Tidak jauh dari pantai, hanya tinggal naik saja sedikit kita akan menemukan hamparan padang rumput yang indah
Pantai Cica Lobak yang berada tidak Jauh dari Rancabuaya.
Lokasi dan rute perjalanan
Lokasi pantai Rancabuaya terletak di Kecamatan Caringin Kab Garut. Rute perjalanan jika ditempuh dari kota Garut maka berjarak sekitar 100KM atau sekitar 4 jam perjalanan. Jika di hitung dari pantai Santolo sekitar 1,5 jam perjalanan atau sekitar 45km. Ada berbagai rute untuk sampai ke pantai ini.

Pertama rute Garut-Bungbulang-Rancabuaya. Ini adalah rute paling dekat sekitar 100km perjalanan. Medannya  berliku-liku dan melewati jurang dan gunung, lebar jalan berpariasi dari yang lebar sampai hanya masuk 2 mobil. Jadi saran-saya harus seorang Driver yang sudah handal untuk rute ini.

Kedua Rute Garut- Pameungpeuk-Rancabuaya. Ini rute yang jauh tapi sangat mengasyikan. Karena dari pemeungpeuk sampai Rancabuaya  sepanjang jalan traveller semua akan di suguhi panorama pantai-pantai selatan yang indah.

Rute ketiga dari bandung, ini memang tidak dianjurkan untuk warga Garut. Tapi jika traveller dari daerah Bandung, atau Jakarta bisa memakai rute ini. Rancabuaya berjarak sekitar 80 KM dari Pangalengan Bandung. Maka kalau di hitung dari Kota Bandung maka sekitar 3-4 jam perjalanan. Ini akan sangat menghemat waktu jika harus memutar ke arah Garut Kota dulu. Jalan dari Pengalengan sampai Rancabuaya telah mulus di hotmix tapi medan masih cukup berat karena jalur yang berbelok-belok serta naik dan turun yang ekstrim, jadi perlu seorang pengemudi yang sudah terbiasa untuk melewati medan ini.

Bagi traveller semua mangga silahkan nikmati panorama Pantai Rancabuaya ini.


Share This
Previous Post
Next Post

2 komentar: