Kamis, 21 Juli 2016

Curug Orok, Pesona Yang Tidak Pernah Pudar



Jika kita bertanya Curug yang paling terkenal di Garut, maka relatif orang akan menjawab Curug Orok. Benar, keindahan curug ini begitu melekat dengan Garut, Curug ini adalah Curug yang paling terkenal di Kota Garut. Namun perlahan wisata Curug yang lain bermunculan. Salah satu penomenanya adalah Curug Sanghiang Taraje. Sanghiang Taraje adalah adalah Curug yang sedang hits saat ini kepopulerannya kini telah menggeser kepoluleran Curug Orok. Belum lagi, beberapa Curug di selatan Garut mulai populer juga menjadikan kepopulerannya semakin tergeser. Tapi bukan berarti Curug Orok sudah tidak Indah lagi.

Curug Orok berada di Desa Cikandang Kec Cikajang Kab Garut. Dari pusat kota Garut berjarak sekitar 30 km, sedangkan dari Cikajang hanya berjarak 5 Km. Keberadaannya yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Garut menjadikan Curug ini ramai dikunjungi, baik itu wisatawan lokal atau para pelancong dari jauh.

Sepanjang jalan menuju Curug ini akan di suguhi pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Hamparan kebun teh dan perbukitan Garut, serta dari kejauhan Gunung Papandayan dan Gunung Cikurai menjadi sajian yang enak di mata.

Perkebunan teh sekitar Curug Orok
Curug Orok adalah sebuah lembah sungai di mana air sungai jatuh sehingga membentuk Curug. Keindahan Curug Orok adalah pemandangan Curug utama yang menjulang hingga 40 m dan beberapa anak Curug yang mengalir ke dalam kolam kecil. Keindahan inilah yang tidak sanggup di geser oleh Curug manapun di Garut.

Jalan menuju Curug Orok
Menurut cerita yang beredar di masyarakat asal kenapa Curug ini di beri nama Curug Orok karena dulu pernah di temukan bayi di Curug orok. Konon bayi yang masih merah yang baru lahir di buang oleh ibunya karena hasil hubungan gelap. Bayi yang dalam bahasa sunda adalah Orok dari situlah Curug ini dinamakan Curug Orok.

Fasiltas
Curug Orok adalah tempat wisata dengan fasilitas yang paling lengkap di Garut, khususnya wisata Curug. Tempat makan, tiolet, mushola, taman bermain juga tersedia di Curug Orok. Pagi yang ingin menginap juga sudah tersedia penginapan yang nyaman di sini. Jika mau berenang maka di sini juga sudah ada pemandian lengkap dengan kolam renang. Tempat parkir yang luas membuat kita leluasa membawa kendaraan, baik itu roda dua atau roda empat, roda tiga juga kali mau bisa. Untuk tiket masuknya pengunjung dikenakan tarip Rp 10.000 di tambah parkir maka semua tidak lebih dari Rp 15.000.  
Curug orok di lihat dari samping
Rute Perjalanan
Curug Orok bisa dikatakan mudah dijangkau, jaraknya sekitar 30 Km dari pusat Kota Garut, bisa ditembuh sekitar satu jam perjalanan menggunakan kendaraan. Dari pusat Kota Garut kita menuju Jalan Cimanuk, sampai perempatan maktal, lurus menuju Cikajang, terus mengikuti jalan raya. sesampainya di Cikajang, kita akan menemui pertigaan, Kanan menuju Kec Bungbulang, Pakenjeng dan Pamulihan. sedangkan kiri menuju Pusat Cikajang, Cikelet, Pemengpeuk. Di pertigaan ini kita belok kanan, dari pertigaan maka berjarak sekitar 20 menit. Anda hanya perlu mengikuti jalan sampai Pintu masuk Curug Orok.

Lancscape Curug Orok

Share This
Previous Post
Next Post

0 komentar: