Selasa, 23 Agustus 2016

Review Singkat Tripod Velbon EX-640



Teman-teman yang hobi fotografi atau mungkin juga profesi, rasanya tidak lengkap kalau tidak punya benda yang satu ini namanya tripod. Tripod adalah alat bantu dalam memoto agar kamera tidak bergerak, bergoyang dan bergetar selama memotret. Kadang tripod juga bisa digunakan untuk foto bersama jika tidak ada orang lain di sekitar, sebagai bantuan kita juga bisa pakai tripod dan timer atau remote.

Kardus tripod
Tinggi tripod saat dilipat
Tripod sekarang sudah beragam dan memiliki bermacam-macam fitur. Mulai dari harga ratusan ribu, sampai yang jutaan juga ada tergantung bahan dan kualitas tripod itu. Ada tripod yang kecil dan sederhana yang digunakan untuk traveling dan ada pula yang tinggi dan komplit yang di pakai untuk para profesional. Ada yang berbahan alumunium dan ada pula yang berbahan serat carbon yang ringan tapi kuat.

Sebenarnya saya bukan seorang profesional fotografi, hanya sebagai hobi saja jadi saya tidak butuh tripod yang terlalu besar, dan tidak juga yang terlalu kecil. Tidak perlu juga yang berbahan karbon. Anggarannya pun tidak terlalu besar, hanya mencari tripod yang harganya sekitar 500 ribuan atau paling mahal juga 600 ribu. Saya mencari-cari dari berbagai referensi akhirnya jatuh pilihan pada Velbon EX-640. Penampilannya hitam, legam, elegan dan gagah.
Spesifikasi umum ;
Berat                                         : 1670 g
Tinggi Maksimal                      : 170 mm
Material                                    : Alumunium
Kapasitas maksimum               : 3kg
Panjang ketika di lipat              : 53.5cm

Dari yang tertulis di spesifikasi bahwa materialnya adalah alumunium, walaupun tidak seluruhnya berbahan alumunium. Ini wajar saja karena ini termasuk tripod kelas entru level. Penyangga tengah dan leher tripod terbuat dari plastik, walaupun demikian bahannya terlihat berkualitas dan cukup kokoh. Daya topang maksimal sampai 3kg, saya rasa sudah cukup untuk menopang kamera kelas menengah dengan lensa yang tidak terlalu besar.

Tripod ini tidak memiliki ball head seperti pada tripod kelas atas, tapi kepala tripod sebagai dudukan kamera kameranya sudah dilengkapi dengan quick release yang memudahkan saya untuk melepas dan memasang kamera ke tripod. Kepala ini menyatu dengan tripod jadi tidak bisa dilepas. Tripod memiliki empat seksi kaki, dalam spesifikasi di tulis bahwa maksimal tingginya 170cm, tapi setelah saya coba ternyata bisa lebih. Ketika semua kakinya di buka penuh dan leher penyangga ditarik penuh tingginya melampai tinggi saya, tinggi saya sekitar 176cm. Jika di turunkan tinggi berdiri tripod ini sekitar setengah meter.
 
Tinggi Tripod tanpa ditarik leher tripod
Setiap bagian kepala memiliki pengunci. Bagian pegangan juga selain berfungsi untuk pegangan tripod juga bisa diputar untuk melepas pengunci vertikal. Pada bagian leher penyangga tengah, untuk menaikkan dan menurunkannya tidak perlu repot-repot menariknya, cukup diputar saja. Paket pembeliannya sudah diberikan tas untuk memudahkan membawa tripod, ini menarik.
Pegangan tripod sekaligus untuk melepaskan kunci agar tripod bisa di putar vertikal, pegangan ini terbuat dari alumunium
Tuas untuk menaikan atau menurunkan leher tripod
Pengunci leher tripod. Sebelum diputar terlebih dahulu buka penguncinya dulu
Tripod ini bisa di gerakan dalam 3 arah. Diputar horizontal 360 derajat. Berguna sekali jika ingin membuat foto panorama atau panning. Diputar secara vertikal, putar ke atas dan ke bawah untuk merubah sudut pandang kamera. Diputar bagian holder untuk membuat orientasi memotret kamera baik itu potrait atau landscape.
 
Holder kamera dengan posisi vertikal atau portrait
Tuas pengunci
Secara umum kualitas bahannya terbilang baik, memang ini tidak berbahan karbon tapi bahannya masih berkualitas. Berat berat tripod hanya 1,6 kg juga tidak terlalu berat saya rasa masih enak untuk dibawa berpergian. Untuk harga saya membeli tripod ini online dengan harga 540ribu. Terbilang murah jika dibandingkan dengan merk seperti mamprtoto dll. Memang masih ada yang harganya di bawah ini, silahkah semua pilhan bergantung pada yang beli. Semoga review singkat ini membantu.

Lebih jelasnya bisa lihat foto di bawah.
Kepala tripod dengan Quick Release
Quick Release, butuh koin Rp 1000 untuk mengencangkannya ke kamera
4 seksi kaki tripod
Bubble level sebagai indikator tripod 

Share This
Previous Post
Next Post

0 komentar: