Senin, 08 Agustus 2016

Menelusuri Surga Tersembunyi Pantai Taman Manalusu



Baru dengar nama Pantai Taman Manalusu? Itu wajar karena pantai ini begitu tersembunyi dari hingar-bingar. Awalnya saya juga tidak tahu nama pantai ini. Tapi setelah cari sana, cari sini, akhirnya saya tahu nama pantai ini. Ada yang menyebut namanya Pantai Manalusu ada pula yang menyebutnya Pantai Taman Manalusu.  Pantai ini terletak di Kec. Cikelet. Jika di hitung dari Google Map pantai ini berjarak sekitar 110km dari pusat kota Garut, jauh ya :D. tapi jika dari pantai Ranca Buaya hanya sekitar 15km.


Waktu itu saya tidak sengaja menemukan pantai ini. Sekitar akhir September 2015 sore hari waktu setempat, saya jalan-jalan di sekitar pantai selatan. Saya pikir bosan lah kalau harus ke Ranca Buaya atau Santolo. Akhirnya kami terus jalan menelusuri pantai selatan Garut. Setiba di perbatasan Kec. Cikelet atau sekitar 20 menit dari Pantai Ranca Buaya saya tertarik pada pemandangan hamparan karang yang terlihat indah dari kejauhan. Akhirnya kami memutuskan berhenti dan mengunjungi pantai tersebut. Hanya sebentar saja dari jalan raya kok jalan kaki juga bisa, bahkan dari jalan raya pantai ini juga sudah kelihatan. berbekal sebuah smartphone yang masih kekinian saya mengabadikan beberapa keindahannya.

Setiba di bibir pantai ini, mengejutkan. Hamparan karang-karang yang indah berwarna hijau. Sungguh aneh memang kenapa karang-karang ini berwarna hijau. Mungkin ini adalah sejenis ganggang laut. Hamparan batu karang ini terlihat indah.




Tak puas sampai di situ, saya juga menelusuri pantai ini lebih jauh, bersama teman saya terus berjalan menelusuri bibir pantai ini. Saya terus berlajan menelusuri hamparan pasir berwarna abu nya sangat indah. Yang menarik juga di pantai ini ada sebuah kolah alamai yang di buat dari aliran Sungai yang tersumpat oleh pasir pantai. 



Setelah masuk masuk ke bagian pantai bagian barat, saya menemukan taman bermain, di sana tersedia  ayunan, bangku-bangku di bawah pohon-pohon yang rindang. Mungkin ini sebabnya pantai ini di sebut Pantai Taman Manalusu.



Selah cukup lama berjalan kemudian saya berhenti, akhirnya saya sampai pada pemandangan hamparan batu karang hijau yang sangat indah dari kejauhan. Inilah hamparan karang itu, begitu indah dan sangat menawan sesekali ombak-ombak besar menerjang hamparan batu karang ini. sayapun mencoba berfose alakadarnya di hamparan karang ini.

Ah tidak, pose yang di atas jelek, mungkin saya harus berfose yang lebih cool, tenang aja itu bukan Clark Kent kok. ckreek...


Karena berhubung waktu yang udah sore dan langit yang sedikit agak mendung, jadi kami memutuskan untuk segera bergegas kembali pulang.

Sebagai informasi tambahan ternyata tumbuhan hijau yang menutupi batu-batu karang itu tidak sepanjang tahun ada. Karena dari beberapa pengalaman mengunjungi Pantai ini, hamparan batu karang hijau ini tidak selalu ada. Pada musim-musim tertentu batu karang ini hanya batu karang biasa. Tanpa ada hamparan tetumbuhan yang berwarna hijau ini.

Share This
Previous Post
Next Post

0 komentar: