Minggu, 25 September 2016

Gua Misterius Di Perkebunan Teh Cukul


Ketika saya hunting foto di daerah perkebunan Cukul (baca : Menjelajah keindahan Pangalengan), perhatian saya teralihkan ketika dari jauh saya melihat beberapa mulut Gua yang cukup misterius. Mulut Gua ini sudah terlihat dari jalan raya, yaitu tidak jauh dari Gapura yang bertulisakan Cukul. Dari kejauhan ada 3 buah mulut Gua. Saya cukup penasaran dengan ketiga gua ini. Sebenarnya bukan kali ini saya mengunjungi tempat ini, tapi baru kali ini saya melihat ketiga gua ini. Mungkin kah ini gua peninggalan Belanda?

Gua Pertama
Saya bertanya ke pada warga sekitar yang sedang memetik teh. Katanya gua-gua itu sudah ada sejak lama hanya baru-baru ini mulut gua di bersihkan. Mmmm jadi penasaran saya pun meneruskan perjalanan saya menuju pintu masuk Gua itu.

Gua-gua ini berada di sebuah bukit yang tidak terlalu tinggi, dari jalan raya kita bisa berjalan kaki menuju gua atau pula menggunakan motor. Jaraknya tidak terlalu jauh, jika menggunakan motor  5 menit juga sampai.

Gua Kedua

Setelah sampai di sana, ternyata mulut gua itu tidak ada 3 tapi 4, hanya satu gua yang belum dibersihkan sehingga tidak kelihatan dari jauh. Saya mulai mengamati gua-gua itu satu persatu, karena berhubung saya sendirian (baca takut) jadi saya tidak masuk ke dalam. Hanya melihat-melihat di sekitar saja. Jarak ke empat gua ini berdekatan dan mungkin saja bahwa gua-gua ini saling menyambung satu dan yang lainnya. Kalau saja kita masuk mungkin kita akan tahu.

Baca Juga :
Situ Cileunca, SItu yang Romantis dan Eksotis
Menjelajah 9 Pantai Terindah Di Garut
Situ Cisanti, Keindahan Di Hulu Sungai Citarum

Gua pertama ini kita bisa lihat Fondasi gua yang terbuat dari beton yang tebal, di lihat betonnya juga sudah kelihatan ini bahwa Fondasi ini sudah sangat tua dengan tembok yang cukup tebal, mungkin di buat di jaman Belanda. Dilihat dari luar kelihatan bahwa gua ini memang dalam. Dari luar terdengar suara percikan air yang berjatuhan di dalam gua.

Gua Ketiga

Pada gua kedua, mulut gua belum dibersihkan jadi tidak kelihatan dengan jelas. Pada gua ke tiga dan ke empat, bentuknya hampir mirip dari luar tidak kelihatan ada fondasi tapi dari luar sudah kelihatan bahwa gua ini sama-sama dalam. Mungkin gua-gua ini menuju ke dalam sebuah ruangan yang menyatu dengan pintu gua-gua yang lain.

Gua Keempat
Goa ini tidak jauh dari tugu Cukul
Selain gua itu, perhatian saya juga teralihkan pada sebuah batu yang sangat besar. Yang membuat menarik batu ini terbelah secara sempurna menjadi dua bagian, tidak ada serpihan batu yang lain, sungguh misterius siapa yang membelah batu sebesar ini? Mungkinkah alam? Atau seseorang yang sakti mandraguna? Mmmmm entah lah.

Inilah batu besar yang misterius
Share This
Previous Post
Next Post

0 komentar: