Sabtu, 03 September 2016

Pantai Cidora, Cantik dan Eksotis


Dalam perjalanan menjelajahi 9 pantai terindah di Garut ini saya mulai dengan menjelajah Pantai Cidora. Pantai Cidora ini merupakan pantai paling timur sebelum menuju perbatasan Cidaun (Kabupaten Cianjur). Lokasinya berada bersebelahan dengan Pantai Ranca Buaya. Tidak perlu memakai kendaraan dari Ranca Buaya kita bisa menuju Pantai ini dengan jalan kaki. Pintu masuk pantai ini ada dua, pertama dari Jalan Ranca Buaya – Cidaun nanti ada Plang bertuliskan Pantai Cidora dan bisa juga dari Pantai Ranca Buaya. Saya sendiri masuk dari Pantai Ranca Buaya.


Pantai Cidora tidak se-terkenal sang tetangga, sedikit informasi yang didapat tentang pantai ini. Tapi tidak terkenal bukan berarti tidak Indah, justru di pantai Ini punya keindahan tersembunyi yang tidak ada di pantai lain. Saya sempat heran kenapa pantai yang cantik ini kok sepi pengunjung, padahal lokasinya tidak berada jauh dari Ranca Buaya yang relatif lebih Ramai. Karena sepi pengunjung ini juga berdampak minimnya fasilitas yang tersedia di sini. Yang berdagang hanya beberapa tidak ada hotel atau penginapan rumah makan juga tidak ada. Memang karena letaknya tidak berada jauh dari Ranca Buaya, semua fasilitas itu bisa kita dapat dari Pantai Ranca Buaya. Kalau masjid dan toilet masih tersedia di perkampungan warga yang letaknya tidak jauh dari pantai.


Saya sampai di pantai ini di pagi hari, sekitar jam setengah tujuh pagi, tidak ada yang menagih tiket masuk atau pula tukang parkir karena memang jarang ada yang berkunjung ke pantai ini. Sayang sekali memang jika saja pantai ini dikelola dengan baik, pasti akan menarik minat para pengunjung. Sesampainya di sini, saya langsung mengambil kamera saya dan mengabadikan keindahannya.

Menurut saya pantai ini paling enak dinikmati ketika laut surut. Karena ketika laut surut akan terlihat dengan jelas hamparan karang-karangnya yang indah. Jika pada saat laut pasang, maka karang-karang tersebut tenggelam tidak terlihat. Selain itu, saat laut surut kita bisa menjelajah jauh hingga ke tepi laut, kita bisa menemukan kolam-kolam laut yang alami yang jernih dan indah.


Tidak puas sampai di sini, saya kemudian menelusuri pantai ini hingga jauh ke sebelah barat, dan luar biasa, pemandangannya tidak kalah menarik. Pasir hitam menghampar hingga jauh di mata. Sementara itu pohon kelapa terlihat menghiasi bibir-bibir pantai ini. Di sini juga saya menemukan pos penjaga dan toilet yang sudah tidak terurus, sayang sekali. Setelah puas menjelajah dan foto-foto, saya kemudian bergegas untuk menaklukkan pantai-pantai yang lain. Galeri fotonya teman-teman bisa nikmati di bawah ini.

Hamparan pasir abu Panti Cidora
Kolam air laut alami di Pantai Cidora

Share This
Previous Post
Next Post

0 komentar: