Sabtu, 03 September 2016

Pantai Karang Paranje, Pantai Indah Yang Masih Perawan



Karang Paranje berada sekitar 16 KM dari pantai Sayang Heulang atau perjalanan sekitar 30 menit dengan kendaraan. Karang Paranje berada di Kecamatan Cibalong Garut, kecamatan paling ujung dari Garut Selatan. Jika di hitung dari pusat kota Garut maka jaraknya sekitar 96 KM atau sekitar 3 jam lebih perjalanan. Menemukan pantai ini juga tidak susah, karena pas pintu masuk ada papan nama yang menunjukkan pintu masuk pantai Karang Paranje. Dari pintu masuk itu maka kita hanya terus masuk jaraknya tidak terlalu jauh menuju pantai.



Jika kita membawa kendaraan roda dua, maka kita bisa membawa masuk kendaraan kita hingga sampai bibir pantai. Jika roda empat, maka kita hanya bisa menyimpan kendaraan di tempat parkiran lumayan agak jauh harus berjalan menuju pantainya.

Sesampainya di pantai kita akan diberi pemandangan yang menakjubkan. Ada batu karang yang besar yang mirip pulau Lot di Bali. Hahah. Aneh ya, Cicalobak mirip Tanah Lot, Karang Paranje juga mirip Pulau Lot, mungkin karena efek mata saya saja yang lagi ngidam Bali kayanya, hahah. Di atas batu karang yang besar ini ada sebuah bangunan gazebo tempat berteduh. Jika di Pulau Lot ada Pura, kalau di sini cukup Gazebo saja. Batu karang yang besar ini terbelah menjadi dua bagian, bagian sebelah barat mempunyai ukuran yang lebih kecil. Di celah antara batu karang itu deburan ombak menerobos masuk menuju muara sungai. Di batu karang yang besar ini biasanya banyak pemancing, ada pula muara sungai yang mengalir langsung ke laut.


Pantai yang indah ini terbilang masih perawan, begitu asli, jauh dari keramaian dan sepi pengunjung. Hanya beberapa pemancing dan warga yang sedang lari-lari. Bagi teman-teman yang suka menyepi sepertinya pantai ini cocok buat Anda. Terlihat juga di sini belum terdapat fasilitas-fasilitas yang memadai. Saya tidak melihat penginapan atau rumah makan di sekitar sini. Tapi kalau untuk mesjid dan toilet sudah tersedia di dekat perkampungan warga. Untuk tempat parkir juga kita bisa menyimpan kendaraan di lapang dekat pintu masuk atau bagi yang memakai roda dua kita bisa terus masuk hingga bibir pantai.



Berhubung waktu, saya tidak bisa berlama-lama di pantai ini. Setelah berkeliling sebentar dan mengambil cukup foto saya kembali melanjutkan perjalanan saya menuju partai Pantai Cijeruk.  

Share This
Previous Post
Next Post

0 komentar: