Sabtu, 03 September 2016

Pantai Puncak Guha, Kemegahan Pantai Selatan Garut



Jika di Bali ada Pantai Uluwatu yang mengagumkan, maka Garut harus berbangga karena punya Puncak Guha yang tidak kalah mengagumkan. Selama penjelajahan ini, maka bisa saya katakan Pantai ini adalah pantai dengan pemandangan yang paling megah di antara semua. Bukan tanpa alasan bisa kita lihat sendiri seperti apa panorama pemandangan di sini. Hamparan Samudra Hindia bisa terlihat jelas di sini bertemu dengan bibir pantai dengan ombak-ombak yang menggulung dengan gagah, sungguh megah dan indah.

Ombak yang menggulung dengan gagah
Pantai ini bukan pantai biasa, tapi puncak tebing pantai yang sangat tinggi yang menjorok ke laut. Dari ketinggian ini kita bisa melihat pemandangan sekitar pantai. Bahkan tebing Pantai Ranca Buaya yang saya ceritakan sebelumnya bisa terlihat dari sini. Di depan kita menghampar biru Samudra Hindia.

Samudra Hindia mengahampar luas di depan mata
Pantai Puncak Guha ini berada tidak jauh dari Ranca Buaya, jika dengan kendaraan bisa di tempuh kurang dari 10 menit. Untuk menemukan pintu masuk pantai ini agak sedikit susah karena tidak ada plang atau tanda jalan. Tapi jika mau kita bisa bertanya ke warga sekitar, jika tidak, tanyakan saja pada Google Maps, beliau pasti tahu, malahan akan di kasih sama rute terdekatnya. Di pintu masuk pantai ini dijaga oleh penjaga warga sekitar, untuk membeli tiketnya kita bisa tebus hanya dengan Rp 5.000 saja, sangat murah bahkan itu sudah include sama biaya parkir juga.  Dari pintu masuk kita bisa membawa kendaraan hingga hingga ke dalam.

Seperti ucapan selamat datang, panorama yang megah ini menyapa kita.
Saya sampai di pantai ini pagi sekitar jam delapan lebih, terlihat matahari masih malu-malu menunjukkan sinarnya. Untuk memfoto panoramanya sedikit terganggu sama kabut tapi tidak masalah. Setiba di pantai ini, perut saya mulai terasa lapar, sambil menunggu matahari bersinar cerah saya membuka perbekalan dan makan. Setelah kenyang kemudian saya kembali mengambil kamera saya, seperti biasa sesi pemotretan di mulai. Matahari yang tadi masih malu-malu perlahan menunjukkan sinarnya. Pantai-pantai yang tadi tertutup kabut perlahan menunjukkan kemegahannya. Okai, waktunya foto-foto.

Matahari masih tampak malu-malu menunjukan sinarnya
Di pantai ini terdapat Gazebo tempat untuk berteduh, tapi berhubung saya datang ke sini masih pagi jadi tidak perlu berteduh lama-lama. Alasan kenapa pantai ini disebut Pantai Puncak Guha karena di sini ada Guha (goa laut) yang berisi ribuan lalay (kelelawar). Kita bisa mendekati goa ini hingga ke bibir gua, nanti akan tercium bau yang sangat menyengat dari sini. Demi keamanan pengunjung di sekitar bibir tebing telah di pasang pagar-pagar pembatas  walaupun sebagian pagar telah runtuh
.

Tidak ada fasilitas yang istimewa di sini, tidak ada mesjid atau mushola tapi karena jaraknya dekat dengan Pantai Ranca Buaya, kita bisa mendapatkan Fasilitas yang lengkap di Ranca Buaya. Jika untuk sekedar jajan atau membeli minuman, di sini juga ada warung yang berjualan kelapa muda juga ada.

Panorama di Pantai Puncak Guha
Pemandangan tebing-tebing di Pantai Puncak Guha

Goa kelelawar yang mengeluarkan bau yang menyengat


Share This
Previous Post
Next Post

0 komentar: