Sabtu, 03 September 2016

Pantai Sayang Heulang, Tetangga Sang Bintang



Pantai Sayang Heulang berada tepat di sebelah Pantai Santolo, Sayang Heulang dan Santolo hanya dipisahkan oleh sungai. Walaupun berada bersebelahan kedua pantai ini berada di dua kecamatan berbeda. Santolo merupakan wilayah administratif Kecamatan Cikelet sedangkan Sayang heulang merupakan wilayah Administratif Kecamatan Pamengpeuk. Jadi jika ada yang bilang Santolo itu Pameungpeuk itu salah, harusnya Cikelet.

Suasana Golden Hour di Pantai Sayang Heulang.
Berbeda dengan sang tetangga, Pantai Sayang Heulang relatif lebih sepi dari Santolo. Fasilitas yang tersedia sudah lengkap walaupun tidak selengkap Santolo. Fasilitas seperti mesjid, toilet, penginapan, rumah makan sudah bisa ditemukan dengan mudah. Ada cerita asal-muasal nama Sayang Heulang, konon katanya dahulu di sekitar pantai ini ada banyak sarang elang, dari itu pantai ini dinamakan pantai Sayang Heulang (sarang elang).


Keindahan pantai ini adalah pada hamparan pantai karang yang membentuk laut yang dangkal, tapi itu kalau laut surut, jika laut pasang maka air lautnya akan sampai ke pinggir pantai. Berbeda dengan pantai Cicalobak, hamparan karang itu tersebar ke laut sehingga membuat permukaan laut yang dangkal. Di sebagian tempat ada hamparan pasir putih yang tidak kalah indah.

Selain itu, di pantai ini juga kita bisa menyaksikan penomena air laut yang mengalir ke sungai. yaitu tepat di bawah jembatan Santolo. Ulasan lengkapnya klik di sini

Air laut yang mengalir ke sungai.
Di pantai ini kita akan menemui beberapa pemancing ikan, jika mau teman-teman juga bisa memancing di sini, mancing ikan yah bukan mancing keributan. Keunikan yang lain di Sayang Heulang ini kita bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam dan matahari terbit, kok bisa gitu ya? Entahlah karena saya datang ke sini siang-siang jadi tidak merasakan keduanya. Di dekat muara pantai ini ada sebuah jembatan yang menghubungkan pulau santolo dan pantai Sayang Heulang, tapi sayang jembatan ini sudah tidak berfungsi lagi. Padahal jembatan ini menawarkan pemandangan yang luar biasa.


Share This
Previous Post
Next Post

0 komentar: