Senin, 21 November 2016

Penomena Air Laut Mengalir Ke Sungai Di Sayang Heulang dan Santolo

Air Laut Yang mengalir ke muara sungai.
Umumnya di pantai yang lain di belahan dunia mana pun air sungai yang mengalir ke laut, tapi di Sayang Heulang dan Santolo justru terjadi sebaliknya. Air lautlah yang mengali ke sungai. Konon katanya penomena ini hanya terjadi di dua tempat satu di sebuah pantai di Prancis dan satu lagi di muara sungai Cilauteureun yaitu di pantai Santolo dan Sayang Heulang, kenapa bisa? Tenang. Sebenarnya ini bisa di jelaskan secara ilmiah.

Laut dangkal Sayang Heulang.
Menurut analisa ilmiah ngawur saya seperti ini. Pantai Santolo dan Sayang Heulang letaknya berada bersebelahan hanya dipisahkan oleh muara sungai Cilauteuren. Muara sungai Cilauteureun alirannya sangat tenang sehingga seolah-olah air sungainya tidak mengalir. Itu sebabnya disebut Cilauteureun (air berhenti). Tapi muara sungai ini cukup dalam, dan kedalamannya melebihi kedalaman pantai Santolo dan Sayang Heulang. Sehingga dengan gusuran ombak di pantai Santolo, membuat air laut seolah-olah mengalir ke muara sungai. Memang jika di pantai Santolo penomena ini tidak terlalu terlihat pada waktu-waktu tertentu. Tapi jika di pantai Sayang Heulang ini sangat jelas terlihat. Lihat foto di atas.

Muara Sungai Cilautteureun.
Menurut analisa ngawur saya juga ini bisa dijelaskan seperti ini. Pantai Sayang Heulang adalah pantai dengan hamparan batuan karang yang menghampar seperti lantai. Jika laut sedang pasang akan  membentuk kolam laut dangkal. Tinggi hamparan karang ini melebihi tinggi dasar sungai Cilauteureun.

Ketika air laut pasang penuh, seluruh pantai Sayang Heulang akan tertutupi oleh air laut. Termasuk kolam laut ini. Ketika laut surut, air laut justru terjebak di hamparan karang ini. Maka otomatis permukaan karang yang lebih tinggi dari muara sungai mengalirkan air laut ke muara sungai.

Air laut mengalir ke muara sungai
Begitulah analisa ilmiah dengan metode mengira-ngira ala adrasablog. Jika kalian ingin menyaksikan sendiri penomena ini, silahkan kunjungi pantai Santolo atau Sayang Heulang.


Baca juga : 
Share This
Previous Post
Next Post

0 komentar: