Kamis, 20 Oktober 2016

Smaug VS Ancalagon, Para Naga Dalam Legendarium Tolkien



Setelah membaca kisah-kisah J.R.R Tolkien, kita tersadar Ancalagon The Black sangat besar, dan Smaug hanya seekor cicak.

Kita pasti tahu Smaug, naga raksasa di film The Hobbit, film yang diadaptasi dari buku The Hobbite karya J.R.R Tolkien. Tubuhnya sangat besar. Pintu masuk Erebor yang besar saja bisa dia hancurkan dengan mudah. Atap-atap rumah di kota Dale hanya se-lutut dia. Tapi jika kita menggali lebih dalam tentang cerita-cerita dari J.R.R Tolkien terutama dalam buku SIlmarillion, kita akan menemukan naga yang jauh lebih besar dari Smaug yaitu Ancalagon The Black.

Ancalagon The Black.
Para naga diciptakan oleh Morgoth pada jaman pertama. Siapa itu Morgoth? Morgoth adalah dewa kegelapan, yang jadi antagonis utama di buku Silmarillion. Di manakah  Sauron? Pada masa itu Sauron masih menjadi pelayan Morgoth.

Dalam cerita-cerita Tolkien, naga digambarkan sangat kuat, cerdas, licik, mempunyai kekuatan fisik yang besar. Sebagian di antara mereka memiliki kekuatan sihir. Mereka adalah pemimpin perang yang sangat apik. Ada banyak naga yang diceritakan dalam kisah Tolkien. Glaurung yang menjadi antagonis dalam kisah The Children Of Hurin. Fire Drake Of Gondolin, Acalagon dan yang paling terkenal tentulah Smaug dalam kisah The Hobbit.

Naga-naga ini mempunya bentuk fisik dan ukuran yang berbeda-beda. Ada yang berkaki empat dan merayap seperti kadal, seperti Glaurung dan FIre Drake Of Gondolin. Ada pula yang bersayap bisa terbang dan bernapas api seperti Smaug dan Ancalagon. Sayangnya naga-naga ini tidak selucu di film How To Train Your Dragon.

Smaug adalah naga terakhir yang muncul dalam semua kisah karya Tolkien. Dia dibunuh oleh Bard putra dari Girion, penguasa Dale. Smaug merupakan naga bersayap dengan napas api yang sangat mematikan.

Smaug.
Ancalagon The Black, muncul dalam kisah Silmarillion. Dikisahkan bahwa Ancalagon adalah hamba Morgoth yang paling kuat. Awal kemunculannya ketika Perang para dewa yang mengakhiri jaman pertama. Pada waktu itu, kemenangan hampir di tangan pasukan Valar (para dewa), namun di saat-saat terakhir, Morgoth mengeluarkan pasukan naga dari neraka Angband yang di pimpin oleh Ancalagon The Black.  Ancalagon berhasil memukul mundur pasukan Valar hingga jauh. Setelah di pukul mundur, Earendil manusia setengah elf dengan kapal Elven dengan bantuan Thorondor dan para elang raksasa bertarung seharian dan berhasil mengalahkan Ancalagon. Tubuh Ancalagon jatuh menimpa tiga buah gunung. Napas api Ancalagon sangat panas, bahkan lebih panas para naga yang lain.

Seberapa besar kedua naga ini?

Menurut analisis para Pans, Smaug mempunyai panjang badan dari kepala sampai ekor sekitar 40 M. Jika kita bandingkan dengan sebuah pesawat, ukurannya sama dengan sebuah pesawat Boeng 707.
 
Boeng 707 vs Smaug.
Ukuran tubuh Ancalagon The Black menurut para Pans, sekitar 11x ukuran Smaug. Jika panjang tubuh Smaug sekitar 40 M, maka Ancalagon adalah 440 M. Panjang tubuh Ancalagon hampir setara dengan tinggi menara Petronas. Maka saat di berdiri dengan kedua kakinya tingginya bisa mencapai 300 M. Itu adalah tinggi dari menara Eiffel.
Share This
Previous Post
Next Post

0 komentar: