Kamis, 08 Desember 2016

Curug Rahong, Air terjun Yang Melegenda Di Tanah Cisewu

Curug Rahong Tingkat Ketiga.
Jika berkunjung ke Cisewu, maka salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi adalah Curug Rahong. Curug ini adalah Curug yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan yang hendak pergi ke Rancabuaya dari arah Bandung. Letaknya strategis karena letaknya yang tidak jauh dari jalan raya. Curug ini sangat terkenal oleh orang-orang sekitar. Orang sekitar sini sering menyebutnya dengan 'Rahong' saja. Sebenarnya sih tidak ada legenda apa-apa di Curug ini. Hanya karena saking terkenalnya jadi saya beri judul melegenda. 

Curug ini terletak di Cibodas Desa Sukajaya Kecamatan Cisewu, Garut. Berada tidak jauh dari jembatan Rahong. Saking terkenalnya kalian tidak akan susah untuk mencari Curug ini. Coba bertanya ke warga sekitar juga pasti sudah pada tahu. Walaupun begitu ini tidak membuat Curug ini mempunyai fasilitas yang memadai. Karena belum di kelola dengan baik. Untuk masuk ke sini tidak perlu tiket masuk. Kita hanya perlu turun sedikit dari jalan raya. Kendala satu satunya Memang jika kalian yang berada di kota, kecamatan Cisewu ini sangat jauh. Dari Bandung berjarak sekitar 80km dan dari kota Garut berjarak sekitar 100km.

Curug Rahong Tingkat pertama
Curug ini memiliki beberapa tingkatan, tingkat pertama yang merupakan tingkat dasar. Di sini menawarkan keindahan yang bertingkat, kita bisa melihat keindahan Curug di tingkat dua. Dengan bebatuan besar di sekitar sini. Di sini ada sebuah kolam sungai yang besar. Di tingkat pertama juga sering di pakai untuk orang berenang. Arusnya cukup deras jadi harus sedikit berhati-hati jika berenang di sini.

Curug Rahong Tingkat kedua.
Baca juga :
Bosan berfoto di perkebunan teh? Coba berfoto di perkebunan karet Mira Mare
Di tempat ini, air laut justru mengalir ke sungai
Leuwi Jurig, tempat yang asyik untuk berfoto

Tingkat kedua, menawarkan keindahan yang tidak kalah menawan. Ari terjun deras mengalir di antara bebatuan raksasa mengalir ke dalam kolam yang sangat dalam. Di kolam ini kita tidak bisa berenang ya. Karena sangat berbahaya. Tapi kita bisa berfoto ria di pinggirnya.

Bule kebon sedang berpose di tingkat ketiga.
Dan terakhir keindahan yang sesungguhnya ada di tingkat ke tiga. Tingkat ke tiga ini agak sedikit susah di capai. Karena kita harus memanjat tebing-tebing yang curam. Tapi setelah sampai kalian akan mendapatkan pemandangan yang uchhh!!! air terjun yang terbelah dua mengalir deras ke dalam kolam. Di kolam ini juga kalian bisa berenang. Walaupun airnya deras tapi cukup aman untuk berenang. Sebenarnya ada satu tingkatan lagi di paling atas, tapi untuk mencapainya sangat susah.

Selain semua keindahan itu, kita juga bisa menikmati keindahan pesawahan sekitar Curug Rahong yang sangat indah. Gak kalah lah sama terasering di Bali juga. haha

Terasering di sekitar Curug Rahong.
Curug Rahong juga masih dianggap angker oleh sebagian warga ini. Air terjun yang deras dan tinggi serta tebing dari batu-batu besar yang menyeramkan. Pohon-pohon di sini juga masih sangat rindang. Selain itu tanjakan Rahong juga sangat curam yang membuat kendaraan-kendaraan harus susah payah melewatinya. Tapi itu semua tidak membuat pesona keindahan Curug ini memudar.

Baca juga : 
Share This
Previous Post
Next Post

3 komentar:

  1. Kalo dari kamtor polisi cisewu kemana arahnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus aja ke arah sukajaya, dari polsek udah deket, sekitar 10mnt

      Hapus
    2. Terus aja ke arah sukajaya, dari polsek udah deket, sekitar 10mnt

      Hapus