Minggu, 20 Agustus 2017

Kawah Talaga Bodas, Keindahan yang Melegenda


Talaga Bodas. 
Jika di Bandung punya Kawah Putih, maka di Garut ada tempat menarik yang tidak kalah indah, Talaga Bodas. Keindahan Talaga Bodas ini sudah melegenda sejak lama, bahkan dari jaman kolonial Belanda, kawah ini sudah banyak di kunjungi.

Talaga Bodas (litografi berdasarkan lukisan oleh Josias Cornelis Rappard, 1882-1889). Sumber: Wikipedia.
Keindahan ini tentu saja pada hamparan  air danau berwarna putih dengan dikelilingi tebing dan hutan yang masih alami. Talaga yang mempunyai arti danau dan bodas yang memiliki arti putih, bisa diartikan Talaga Bodas adalah Danau Putih. Mirip dengan Kawah Putih di Ciwidey. Di sini juga ada pemandian tersedia pemandian air panas alami dengan sumber ari panas dari kawah Talaga Bodas. Teman-teman bisa berendam di tempat ini.
 
Area Talaga Bodas.
Talaga Bodas berada di Gunung Talaga Bodas (2201 mdpl). Talaga Bodas berada pada ketinggian 1512mdpl, membuatnya memiliki udara yang sejuk dan kadang di pagi atau sore juga sering diselimuti oleh kabut.
 
Sisi Lain Talaga Bodas.
Baca juga:
Ngopi nikmat di suasana sejuk pegunungan
Papandayan Leisure Park, Tempat bersantai yang sempurna
Jembatan Ciherang, jembatan unik melengkung di pinggir tebing

Talaga Bodas cukup mundah untuk dikunjungi. Berada sekitar satu setengah jam dari pusat kota Garut. Dari pusat kota Garut kita terus lurus menuju Kec. Wanaraja. Jika dengan angkutan umum, bisa menggunakan angkot 07 (berwarna merah putih) sekitar setengah jam perjalanan kita akan sampai di Kec Wanaraja. Dari alun-alun Wanaraja kita akan menemukan pertigaan untuk menuju Talaga. Dari pertigaan ini tinggal belok kanan. Dari pertigaan ini kita tinggal terus saja jalannya, sekitar 1 jam kita kan sampai di Talaga Bodas. Untuk yang tidak membawa kendaraan pribadi bisa menggunakan ojek.

Selain di Talaganya, di aliran sungainya juga oke untuk berfoto. Taleng: Sofie Hady (@sofiehady94)
Kendaraan pribadi hanya bisa sampai di tempat parkir, selebihnya kita harus berjalan kaki sekitar 500 m dari tempat parkir untuk bisa sampai ke talaga. Atau teman-teman juga bisa menggunakan ojek dengan tarif sekitar Rp. 5-10 ribu.
 
Tentu saja yang paling ikonik adalah berfoto di bekas jembatan di Talaga Bodas.
Harga tiket masuknya adalah Rp 7.500 per orang, untuk parkirnya kendaraan roda dua juga sama Rp 7.500. jadi jika membawa motor berdua maka kita harus merogoh kocek sekitar .... ya kalikan saja 3, haha. Cukup mahal ya, Hehe. Hati-hati juga banyak pungli liar untuk parkir, tidak usah dihiraukan, lewat saja.

Share This
Previous Post
Next Post

0 komentar: