Sabtu, 12 Agustus 2017

Review Tripod sejuta umat, Beike QZSD 666

Kali ini saya akan review tripod yang saya beli beberapa bulan yang lalu. Tentu saja review ini sudah berdasarkan pada pengalaman memakai selama beberapa bulan ini. Yaitu Beike QZSD-666.

Beike QZSD-666. 
Tripod ini hadir dengan dua versi, pertama yang menggunakan carbon fiber dan kedua berbahan magnesium alloy. Yang berbahan carbon fiber dibandrol sekitar Rp 1,2 jutaan. Sedangkan yang berbahan magnesium alloy dibandrol Rp 700 ribuan, bahkan kurang. Yang saya review versi yang kedua ya.

Paket penjualannya juga lengkap, dalam dusnya kita akan mendapatkan tas yang keren untuk membawa tripod, kunci L untuk membuka baud tripod, penyangga beban yang bisa dikaitkan di bawah tripod dan kartu member juga.

Kenapa disebut sejuta umat? Karena memang tripod ini, tripod yang sangat laris di pasaran. Selain karena harganya yang murah dan bentuk yang kompak, kualitas dari tripod ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Desainnya juga keren, jamin tidak akan malu-maluin saat dibawa berpergian. Satu lagi kelebihan tripod ini, yaitu bisa jadi monopod juga.

Berbeda dengan tripod saya yang sebelumnya yang saya review Velbon EX-640. Beike QZSD-666  ini memiliki ukuran yang lebih kompak.  Ketika dilipat tripod ini hanya memiliki panjang sekitar 35 cm, bahkan bisa muat di tas ransel kamu. Sesuai dengan konsepnya bahwa ini memang tourism tripod, artinya tripod ini memang paling pas untuk dibawa traveling.

Tripod ketika dilipat. Panjangnya sekitar 35 cm.
Leher tripod dan ball head.
Tinggi maksimal dari tripod ini adalah sekitar 156 cm. Saya rasa ini sudah cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan fotografi. Kecuali Anda butuh tripod yang tinggi sekali, maka ini tidak cocok. Tripod ini juga bisa kita gunakan untuk fotografi makro. Karena bagian ball headnya bisa kita lepas dan dipasang di bawah leher tripod. Sehingga kamera kita berada dekat dengan tanah.

Secara kualitas bahan, tripod ini sudah baik. Tripod ini menggunakan logam jenis magnesium alloy yang ringan tetapi kokoh. Berat tripod ini sekitar 1,55 kg. Memang tidak se-ringan versi carbon fiber tapi saya rasa ini tidak terlalu berat untuk dibawa berbergian. Kemampuannya mampu menahan berat hingga 8Kg. Saya rasa untuk untuk tripod seharga Rp 700 ribuan ini sudah worth banget.

Bagian pangkal kaki tripod.
Tripod ini dilengkapi dengan kepala berjenis bola atau ball head. Keuntungan dari tripod jenis ball head ini adalah kita bisa memutar arah kamera ke berbagai arah dan sudut secara leluasa. Untuk mengaturnya kita tinggal memutar kunci pada ball head.

Pada ball head sudah dilengkapi dengan quick release yang berguna untuk memasang dan melepas kamera dengan cepat. Memang untuk membukanya kita harus memutar pengunci. Agak sedikit ribet jika dibandingkan dengan jenis lock and release. Plate-nya terbuat dari logam yang cukup tipis, sehingga tidak terlalu mengganggu jika dipasang di kamera. Tripod ini menggunakan ball head QZSD-02. Jika ball head nya rusak, kita juga bisa membeli secara terpisah.

Plate Quick release.
Tripod ini memiliki 5 seksi kaki. Di mana setiap seksi kaki dibuka dengan cara memutar mengunci yang ada pada setiap seksi. Sekali lagi membuka sedikit ribet dari pada pengunci jenis lock and release.

Pengunci seksi kaki yang harus diputar.
Kelebihan tripod ini adalah bisa dijadikan sebagai monopod atau tongsis dengan tinggi maksimal 157 cm. Salah satu kaki dari tripod ini bisa kita lepas, dan kita sambung dengan bagian leher tripod atau langsung dengan bagian ball head. Hasilnya kita bisa mendapatkan monopod yang kokoh untuk kamera DSLR kita.

Salah satu kaki yang bisa dilepas untuk dijadikan monopod.
Ball head dilepas dan dipasang di kaki tripod.
 Pengalaman saya selama beberapa bulan ini cukup menyenangkan bersama tripod ini. ukurannya praktis, mudah dibawa. Bentuknya keren tidak malu-maluin saat dibawa berpergian. Memang agak sedikit ribet ketika dituntut untuk memasang tripod dengan cepat. Karena untuk menyiapkan tripod dan membuka setiap seksi kakinya kita harus memutar-mutar dulu penguncinya. Berbeda dengan jenis lock and release yang lebih cepat. Tapi itu tidak jadi masalah yang besar.

               
Spesifikai Beike QZSD-666

-Material : Magnesium Alloy
-Color : Black - Gold
-Section : 5 tubes (24mm; 21mm; 18mm; 15mm, 12mm)
-Folded Length : 35cm
-Min Height : 35cm
-Max Height : 156cm
-Weight : 1.55kg
-Max Load : 8kg

-Ball head : QZSD-02
Share This
Previous Post
Next Post

0 komentar: