Sabtu, 14 Oktober 2017

Pengalaman membeli buku POD di Gramedia.com

Jika kamu sedang mencari buku langka yang sudah tidak tersedia di toko-toko buku. Sudah nyari di toko buku online pun tetep tidak ada hasilnya. Tidak usah khawatir, sekarang ada Gramedia Print on demand.

POD atau Print on Demand adalah fitur terbaru dari Gramedia.com. Di mana buku-buku yang telah habis stock kamu masih bisa memesannya. Bagi para pecinta buku yang mencari buku-buku spesial untuk dicetak ulang. Gramedia akan mencetak langsung buku itu khusus untuk kamu. Tapi fitur ini khusus untuk buku-buku yang diterbitkan oleh penerbit Gramedia. Harga buku POD biasanya lebih mahal karena ongkos cetaknya lebih tinggi dibanding ongkos cetak offset.

Wuthuring Heights Karya Emily Bronte yang saya pesan dengan Gramedia POD.
Gramedia mengklaim Buku yang dicetak dengan print on demand mirip dengan buku aslinya baik dari segi ukuran maupun isi. Kover buku dicetak berwarna di atas kertas Art Carton 230 gsm + Laminating gloss 4/0 (No emboss, spot UV, Hotprint). Kertas isi menggunakan HVS 70gsm/Bookpaper 55gsm dicetak hitam putih. Tidak ada tambahan poster/CD/Stiker/Pembatas buku atau sisipan lainnya. 

Sistem POD ini berbeda dengan percetakan skala besar menggunakan cetak offset. Jika cetak offset minimal mencetak 1000 buku. Buku cetak offset lebih murah karena percetakannya sekala besar.

Lain halnya dengan POD. POD menggunakan sistem digital printing yang lebih mudah. Sehingga Gramedia bisa melayani cetak buku walaupun cuma 1 buah saja. Tapi ongkosnya dibayar lebih mahal tentunya.

Syarat dan Ketentuan Pembelian Produk POD di Gramedia.com

  1. Pembeli memilih produk POD saat beberbelanja di Gramedia.com
  2. Setelah dibayar lunas, pihak Gramedia memproses buku POD pesanan pembeli.
  3. Lama produksi buku POD berkisar antara 3 s/d 5 hari kerja.
  4. Gramedia akan mengirimkan produk buku POD setelah buku selesai dicetak.
  5. Dalam kondisi normal, pembeli akan menerima buku POD dalam waktu 7 hari terhitung dari konfirmasi pembayaran oleh pembeli.
  6. Pembeli tidak bisa melakukan refund atas produk POD kecuali jika ada kesalahan pengiriman dari pihak Gramedia.
Pemesanan Buku POD
Buku yang saya pesan adalah novel legendaris inggris karya Emily Bronte. Novel ini sudah sangat langka di toko buku. Saya sudah cukup lama mencari buku ini tapi di semua toko sudah out of stock. Cetakan terakhit buku ini pada tahun 2015. 

Ketika membuka Gramedia.com. Gramedia masih menyediakan buku ini, tapi dengan versi POD. Penasaran juga, Sambil mencoba akhirnya saya putuskan pesan saja. Di beberapa toko, buku ini di bandrol sekotar 70rbuan. Tapi versi POD ini di babdrol Rp 130.900 belum termasuk ongkir. Tambah ongkir ke Garut Rp 14.000,- jadi Rp 140.900

Tebal buku sekitar 489 halaman.
Saya melakukan pembayaran pada hari jumat tanggal 6 oktober. Karena saya bayar via BRI E-payment, jadi konfirmasi dari Gramedia juga cepet. Dan waktu itu juga sudah langsung di konfirmasi Gramedia. Maka buku langsung di proses oleh Gramedia.

Menurut hasil pelacakan, buku tersebut sudah dikirim pada hari Senin tgl 9 Oktober Pukul 21.00. Jadi jika hari minggu tidak dihitung maka pencetakan bukunya cuma 2 hari. Lebih cepet dari perkiraan Gramedia. Dan bukunya sampai ke rumah di hari rabu. Cepet kan. Kurang dari 7 hari.

Analisa kualitas buku
Seperti klaim Gramedia, cover buku di cetak dalam kertas Art Carton 230 gsm + Laminating gloss 4/0 (No emboss, spot UV, Hotprint). Okai, ini memang agak berbeda dengan kebanyakan buku jaman now. Di mana biasanya bagian kover akan dicetak menggunakan teknik emboss yang membuat tulisan sedikit menonjol. But, overal bagi saya tidak masalah.

Kover buku menggunakan kertas Art Carton.
Lanjut ke dalamnya. Secara kualitas cetakan, isinya sangat mirip dengan buku aslinya. Kertas isi menggunakan HVS 70gsm/Bookpaper 55gsm dicetak hitam putih. Kita bisa lihat setiap detil huruf yang tercetak, kualitasnya sangat baik dan mirip dengan buku asli.

Kualitas cetakan dan kertas isi.

Kesimpulan
Secara pribadi saya merasa puas dengan Gramedia Print On Demand ini. Dari pada susah mencari-cari buku yang sudah kehabisan stock. Saya rasa jauh lebih mudah dengan memesan buku dengan Gramedia Print On Demand. Memang harga yang kita tebus sedikit lebih mahal tapi saya rasa masih wort it.
Share This
Previous Post
Next Post

0 komentar: