Selasa, 05 Desember 2017

Kolam Air Panas, Pemandian Sukasono, Pasir Jengkol, Desa Sukasono Kec Sukawening. Pemandian Air Panas Baru di Garut

Kolam Air Panas Baru.
Garut sudah sangat terkenal dengan sumber air panas Cipanas di kaki Gunung Guntur. Ataupula Air panas Darajat di Pasirwangi. Sekarang Garut juga punya sumber air panas yang lain yang gak kalah asyik.

Tempat ini sepertinya belum memiliki nama resmi, tidak ada plang ataupun tanda yang lainnya yang menunjukan nama resmi kolam renang ini. Oleh warga setempat kolam renang ini dikenal dengan nama Cikarees. Ada pula yang menyebutnya Sumur Cipanas, Cipanas Sukasono. Atau Pemandian Sukasono.

Tempat ini berada di Kampung Tegal Nyanda Desa Sukasono, Kec Sukawening. Bagi sebagian lagi dikenal juga dengan daerah Pasir Jengkol.

Kolam untuk anak kecil.
Sempat menjadi pertanyaan besar, kenapa tempat yang cukup jauh dari gunung berapi bisa menghasilkan sumber air panas. Kolam renang Cikarees ini berada di area pesawahan, deket juga dengan gunung, tapi bukan gunung berapi. Gunung Berapi terdekat adalah Gunung Talaga Bodas, dan itu jaraknya sekitar 20 KM dari sini. Tapi itulah kekuasaan Allah.

Jalur menuju tempat
Tempat ini cukup mudah dijangkau. Berjarak sekitar 30-40 menit dari pusat kota Garut. Dari Garut Kota terus menuju ke Wanaraja. Di pertigaan Pangatikan-Cihuni, terus belok kiri menuju Cibatu. Ikuti terus jalan hingga sampai di Pasir jengkol. Di Pasir Jengkol ini ada perempatan jalan, kira-kira 200 M setelah Alphamart Pasir Jengkol. Dari perempatan ini belok kanan menuju Desa Sukasono, dari sini sudah dekat. Ikuti jalan hingga mentok di pertigaan. Di pertigaan ini ada pangkalan ojek. Berbelok lah ke arah kiri. Terus hingga sampai di kolam renang.

Jika dari Bandung, akan lebih dekat jika via Limbangan, karena tidak perlu memutar lebih dahulu ke Garut Kota. Dari Pertigaan Nagreg, pilih jalur ke kiri menuju Tasyikmalaya. Sesampainya Limbangan, nanti berbelok menuju Cibatu. Dari Cibatu diteruskan perjalanan menuju Sukawening. Sampai daerah Pasir Jengkol ada perembatan. Maka tinggal belok kiri saja.

Kolam Besar.
Di tempat ini ada tiga buah kolam. Dua buah kolam renang dan satu buah kolam ikan yang besar. Untuk dewasa kedalaman kolamnya tidak terlalu dalam, hanya sekitar 1- 1,5 M. Jika anda tidak bisa berenang, tenang ada kolam renang yang cetek untuk anak kecil, kedalamannya hanya kurang dari setengah meter saja.

Area sekitar kolam.
Sementara itu kolam ikan tidak bisa kalian pakai untuk berenang ya. Di tengah kolam ikan juga ada pondasi bangunan yang belum beres. Area sekitar kolam juga sangat asri, dikelilingi pepohohan yang rindang dan juga hamparan sawah yang luas. Cocok untuk piknik keluarga.

Area sekitar kolam.
Tiket Masuk
Harga tiket masuk yang ditawarkan juga murah meriah. Rp 10.000,- untuk dewasa dan Rp 6.000 untuk anak-anak. Ini belum termasuk tiket parkir ya. Untuk tiket parkir motor cukup dengan Rp 2.000,- saja. Untuk mobil, ah saya lupa tidak nanyain.

Selain kolam renang di sini juga disediakan fasilitas untuk kamar bilas dan toilet. Hanya saya rasa kamar bilasnya kurang banyak. Hanya ada 2 untuk wanita dan 2 untuk pria. Saya datang ketika cukup ramai pengunjung, saya harus ngantri sektiar 15 menit. Saran saya datang ke tempat ini harus sudah siap dengan setelan renang, jadi kalian tidak perlu repot-repot masuk kamar basuh untuk ganti kostum.

Pepohonan rindang Sekitar kolam.
Selain kolamn air panas ini, ada juga sumber air panas yang lain, yaitu Pancuran SS Sagaranten. Konon tanah ini adalah peninggalan dari pemerintahan Belanda. Yang kemudian di ambil alih oleh PJ KA (Sekarang PT KAI). Uniknya di sini ada tiga buah pancuran di mana setiap pancuran memiliki suhu yang berbeda. Pancuran pertama dingin, kedua hangat dan yang ketiga panas. Keren ya, udah kaya dispenser saja.


  • Lokasi pancuran SS Sagaranten ini tidak jauh dari Sukasono. Hanya sekitar 5 menit menggunakan motor. Bagi warga di sini juga Pancuran ini juga dikenal akan khasiatnya dalam menyembuhkan bebagai penyakit. 
Share This
Previous Post
Next Post

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa atuh nama tempat yg pastinya

      Hapus
    2. Karena tempat ini tidak memiliki nama resmi, ketika saya betanya ke warga sekitar, ada yg bilang cipanas cikarees, ada yg bilang, cipanas saja, ada yg bilang pemandian ss

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus