Minggu, 28 Januari 2018

Pabrik Belerang Wanaraja, Sisa puing-puing yang bersejarah

Baprik Belerang Wanaraja.
Sekitar 2 KM dari arah pasar Wanaraja menuju Kampung Cikole, dahulu di sini berdiri dengan megah sebuah komplek pabrik pengolahan belerang yang sangat luas. Bangunan bersejarah yang dibangun untuk mengolah belerang dari Gunung Talaga Bodas. Dengan area seluas 9 ha, dahulu pabrik ini adalah salah satu pabrik terbesar di jamannya. Dahulu pabrik ini sangat terkenal, sama halnya Pabrik Tenun Garut dan Pabrik Coklat Ceres di Leuwi daun.

Sisa pondasi bangunan yang masih kokoh.
Bangunan yang didirikan di masa kolonial ini sekarang hanya tersisa puing-puing dan pondasi bangunan yang masih kokoh. Banyak sekali kisah mistis yang mewarnai bangunan yang sudah berhenti beroprasi sejak 9-10 tahun yang lalu ini. Bahkan tempat ini pernah diliput oleh sebuah acara TV swasta untuk acara uji nyali dan sebagainya. Puing-puing bangunan-bangunan tua, dan ilalang tumbuh liar meninggi di area pabrik menambah aura seram.

Puing-puing bangunan.
Komplek bangunan tua ini berada di Kampung Cikole, Desa Wanasari Kec Manaraja Garut. Sekitar 2 KM dari Pasar Wanaraja. Dari pasar Wanaraja terus ikuti jalan, tidak jauh dari pertigaan menuju Talaga Bodas, berbelok kiri ke arah kampung Cikole. Terus ikuti jalan nanti akan sampai di pertigaan, lalu berbelok kanan. Terus ikuti jalan, dari jauh menara pabrik ini sudah terlihat, maka tinggal ikuti jalan saja.

Area pabrik yang sangat luas.
Sebenarnya tempat ini akan dikelola dan akan dijakikan argo wisata. Sewaktu saya sampai di sini, saya dikenakan tarip Rp 5.000 per motor. Ini udah termasuk parkir. Dari gerbang masuk kita tinggal jalan kaki saja.

Sisa pondasi pabrik yang masih bediri.
Banyak juga memberitakan bahwa baprik ini tidak mengolah belerang, sebenarnya saya tidak percaya, karena ketika sampai di tempat ini, walaupun tempat ini sudah di tinggalkan bertahun-tahun tapi tetap saja masih tercium bau belerang.

Sisa pengolahan belerang.
Bangunan-bangunan tua ini walaupun terlihat menyeramkan, tapi sebenarnya banyak orang yang melakukan prewed di sini. Pondasi bangunan tua dan ilalang menjadi pemandangan yang eksotis untuk foto prewed. Tertarik untuk melakukan prewed di sini?
Share This
Previous Post
Next Post

0 komentar: