Rabu, 14 Februari 2018

Curug Aseupan, Curug Tilu Leuwi Opat, Parompong Bandung Barat

Curug Aseupan.

Di Bandung bagian Utara terdapat banyak curug yang menawan. Selain Curug Cimahi atau Curug Pelangi yang sudah terlebih dahulu ngehits, sekarang ada yang lagi nghits yaitu Curug Tilu Leuwi Opat.

Curug Tilu Lewi Opat adalah komplek wisata Curug yang berada di Kecamatan Parongpong. Di sini menawarkan keindahan curug, leuwi, camping ground juga pemandangan alam yang menawan. Di Curug Tilu Leuwi Opat ini terdapat beberapa area camping ground dan curug. Salah satu bintang utamanya yaitu Curug Aseupan.

Salah satu area camping ground Curug Tilu Leuwi Opat.
Menuju ke tempat ini juga relatif mudah. Curug Tilu Leuwi Opat terletak di dusun Ciwangun, Kelurahan Cihanjuang rahayu, kecamatan Parangpong, Kabupaten Bandung Barat. Sekitar 9KM dari Lembang. Jaraknya cukup berdekatan dengan Curug Cimahi.

Walaupun di sini banyak terdapat Curug serta area camping ground yang menawan. Menurut saya yang jadi daya pikat Utama Curug ini adalah Curug Aseupan. Di Curug ini ada tiga air yang jatuh menuju sungai yang indah. Memang kita harus naik dahulu. Dan untuk naik ke sini, Anda harus membayar ekstra Rp. 10.000.

Pemandangan sebelum menuju Curug Aseupan.
Untuk menuju Curug Aseupan kita harus menaiki tangga kecil.
Selain Curug Aseupan ada juga curug-curug yang lainnya yang tidak kalah indah. Salah satunya adalah Curug Tilu. Tapi untuk menuju Curug Tilu kita harus jalan kaki sekitar 30 menit dari Curug Aseupan.

Rute menuju Curug
Patokan Utamanya adalah menuju Ciwangun Indah Camp. Setelah melewati Universitas Advent, nanti akan ada gerbang menuju Ciwangun Indah Camp yang berada di sebelah kanan. Dari gerbang ini menuju pintu masuk Curug Tilu Leuwi Opat kurang dari 10 menit. Dari Tempat parkir kita harus jalan kaki menuju setiap curug.

Jika Dari Bandung, dari terminal Ledeng ambil arah kiri melewati jalan Sersan Bajuri menuju Kampung Gajah. Lurus saja sampai ke jalan Masturi melewati Universitas advent. Jika dari Cimahi langsung ambil arah ke jalan Kolonel Masturi menuju Parongpong. Melintasi jalan tersebut, kamu akan menemukan gerbang wana Wisata Ciwangun Indah. Jika dari arah Lembang dari jalan Raya Lembang berbelok lah menuju jalan Kolonel Masturi. Terus ikuti jalan melewati Universitas Advent.

Pintu masuk menuju Cuurg.
Tiket dan Fasilitas
Sesampainya di pintu masuk Curug, kita diharuskan untuk membeli tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- belum biaya parkir. Saya sendiri memakai motor jadi tambah Rp. 2.000,-. Oh iya ini belum termasuk tiket masuk toilet. HTM toilet yang tersedia di sana saya lihat adalah Rp. 1.000,-. Dan tentu saja ini belum termasuk HTM naik ke Curug Aseupan.

Fasilitas yang tersedia juga sudah lengkap. Toilet, mushola, serta warung nasi pun tersedia. Jadi kita tidak perlu khawatir.

Share This
Previous Post
Next Post

0 komentar: