Minggu, 25 Februari 2018

Curug Ngebul, Culamega Tasikmalaya, Keindahan yang tidak banyak orang tahu



Curug Ngebul, Culamega, Tasikmalaya.
Sedikit sekali informasi yang bisa kami dapat tentang curug ini. Di internet sedikit yang mengulas tentang curug ini. Begitu pun akses dan jalur yang harus ditempuh. Bahkan, ketika hampir sampai di curug pun. Ketika bertanya kepada warga sekitar masih ada yang tidak tahu tentang curug ini. Perlu dipertanyakan kesadaran orang-orang Tasik akan potensi pariwisata di tempatnya.

Curug Ngeul, dari tingkat kedua.
Padahal akses menuju curug ini relatif mudah. Memang jarak yang ditempuh cukup jauh. Tapi jalur dan kondisi jalannya terbilang baik. Bahkan kita juga bisa menggunakan kendaraan roda empat untuk bisa sampai di sini.

Curug ini berada di Kampung Cutug Telu, Desa Bojong Sari, Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya. Berjarak sekitar 2 jam dari Pusat Kota Tasikmalaya. Jika dari Tasik kota, kita harus pergi menuju jalan raya Karang Nunggal, dipertigaan Pamijahan-Bantar kalong, kita melanjutkan arah menuju Bantar Kalong. Terus menuju desa Bojongsari. Jika sudah sampai di Gapura Desa Bojongsari jarak ke curug sekitar 10 menit lagi. Ikuti jalan hingga sampai dijembatan. Dari jembatan ini curug sudah dekat.

Debit air curug dengan kecil.
 Dari Jempatan, kita harus jalan kaki menuju Curug sekitar 10 menit menelusuri aliran sungai irigasi dari bendungan. Di perjalanan kita juga akan menemukan Curug lain, yaitu Curug Cimoksel. Curug Cimoksel juga tidak kalah indah. Tapi sayang kami tidak sempat ke sini karena tujuan utama kami adalah Curug Ngebul. Setelah sekitar 10 menit jalan kaki, kita harus turun, hati-hati karena turunan ini sangat curam.

Sesampainya di curug, tidak ada yang menagih tiket masuk atau yang menjaga. Karena memang curug ini belum di kelola. Fasilitas seperti Toilet, Moshula atau warung juga tidak tersedia. Katanya tempat ini akan segera dikelola. Ya semoga saja bukan sekedar wacana.

Jalan kaki menelusuri Aliran Irigasi.
Turunan yang curam, harus berhati-hati.
Saya tiba ditempat ini ketika di sini sedang tidak hujan selama seminggu. Hasilnya Debit airnya cukup tenang. Tapi tidak mengurangi keindahan Curug ini. Selain Curug Ngebul, dan Cimoksel ada juga Curug Telu yang berada tidak jauh dari Curug ini. Jika anda sempat, maka harus mengunjungi juga Curug ini.

Share This
Previous Post
Next Post

0 komentar: