Kamis, 05 April 2018

Curug Batu Blek, Curug Dengan Air Paling Jernih Se Tasikmalaya dan Sekitarnya

Curug Batu Blek.

Seperti yang pernah saya katakan sebelumnya bahwa kecamatan Cisayong memiliki banyak curug yang indah. Salah satu yang paling terkenal adalah Curug Batu Blek.

Akses untuk menuju ke curug ini juga terbilang mudah. Hanya sekitar 45 menit dari alun-alun singapartna. Walaupun aksesnya hanya bisa dilalui oleh motor. Karena mobil hanya bisa sampai jauh sebelum menuju curug.

Dari alun-alun Singaparna terus menuju Jalan Raya Cisinga (Ciawi – Singaparna), dan dari sana kita lanjut lurus menuju ke kampung Cipeuteuy, kalau kebingungan kita bisa bertanya pada warga sekitar. Lokasi curug ini berada di kampung Pasir Malang, kampung paling ujung di desa ini dan hanya beberapa rumah saja yang ada. Saya sendiri juga tidak ingat pasti jalur untuk menuju ke sini karena sepenuhnya saya mengandalkan panduan dari Google Maps.

Motor hanya bisa sampai di tempat parkir. Dari tempat parkir ini kita harus menelusuri jalan setapak yang merupakan aliran dari Curug Batu Blek. Jalan kaki terus menelusuri hutan sekitar 15 menit. Hingga sampai di Curug.

Batu Blek ini memiliki dua buah curug. Curugnya tidak begitu tinggi, tapi airnya sungguh jernih. Kejernihan air yang takkan sanggup kita tolak. Kita juga bisa berendam dan berenang di sekitar curug karena kolam air nya cukup aman untuk berenang.

Kejernihan air Curug Batu Blek.
Curug ini sudah dikelola oleh Perhutani. Untuk masuk ke curug ini kita akan dikenakan tarif Rp 8000 per orang. Fasilitas Curug ini terbilang minim. Warung yang menjajakan makanan berada di tempat parkir. Sementara itu saya tidak menemukan fasilitas seperti mushola untuk sholat.

Selain Curug Batu Blek, sebenarnya masih ada beberapa curug lagi yang masih satu aliran dengan Curug Batu Blek. Jika kita terus naik meneruskan perjalanan ke atas aliran Curug Batu Blek. Ada sekitar 3 atau 4 Curug lagi. Tapi untuk mencapainya cukup susah, karena harus manaiki tebing yang terjal. Di bawah Curug Blek juga ada beberapa curug yang airnya tidak kalah jernih.

Tidak tahu Curug apa, tapi ini berada di bawah aliran Curug Blek.





Share This
Previous Post
Next Post

0 komentar: