Kamis, 02 Agustus 2018

Karom Coffee, Kopi Papandayan Dengan Rasa Paling Istimewa

Kopi Papandayan.
Kopi Garut khususnya kopi Papandayan sudah terkenal sejak dahulu bahkan sejak era kolonial Belanda. Kopi yang di tanam di gunung Papandayan memiliki aroma dan cita rasa yang khas. Bahkan menjadi kopi terbaik saat cupping test di Bandung pada 2016. Sejak saat itu, popularitas kopi Papandayan terus meningkat. 

Biji kopi Papandayan yang telah disanggrai.
Kepopuleran ini membuat banyak petani mulai membudidayakan Kopi Papandayan. Tahun ke tahun produksi kopi Papandayan terus meningkat. Di Papandayan sendiri ada banyak pengrajin kopi. Salah satu pengrajin kopi yang telah tersohor adalah Pak Karom dengan produk andalannya Karom Coffee.
Pak Karom.
Pak Karom ini, sudah sangat pengalaman mengolah biji kopi terbaik dari Gunung Papandayan menjadi kopi yang bercitarasa tinggi dan sangat istimewa. Jika anda ingin pencari kopi Papandayan dengan kualitas terbaik. Maka inilah jawabannya.
Coffee Story FC.
Karom Coffee melalui Coffee Story FC menawarkan lima varian kopi Papandayan. Varian ini tergantung dari tingkat kelangkaan kopi dan juga tingkat kerumitan saat memproses biji kopi menjadi kopi yang siap saji. Semakin langka. semakin rumit, semakin enak, semakin mahal pula. Lima varian ini adalah Lanang Pea Berry, Yellow Bourbon, Honey Process, Natural Process, dan terakhir Original Process.


LANANG PEA BERRY
Kopi Lanang Karom Coffee.

Biji kopi yang paling istimewa yang kami miliki, paling langka dan paling berharga. Tanya kenapa!

Idealnya ketika satu buah ceri kopi dikupas akan terdapat dua biji kopi (Dikotil). Tapi sebagian ceri kopi memiliki kondisi anomali yaitu hanya memiliki satu biji kopi (Monokotil). Biji kopi lanang memiliki bentuk hampir bulat dan cenderung utuh tanpa terbelah. Lanang sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya bulat. 

Dari keanehan ini, kopi lanang justru sangat istimewa dan langka. Dari 100 Kg biji kopi, mungkin hanya terdapat sekitar 5 Kg biji kopi lanang. Dan karena melalui proses penyortiran yang sangat rumit, kopi lanang juga menjadi sangat berharga. Keistimewaannya juga terdapat pada rasa yang dimilikinya. Rasa kopinya sangat kuat dan dahsyat. Bahkan bagi sebagian orang percaya bahwa kopi lanang memiliki khasiat menambah stamina.

Yellow Bourbon
Yellow Bourbon Karom Coffee.
Berbeda dari semua biji kopi yang kami miliki. Yellow Bourbon adalah biji kopi yang sangat unik. Yellow Bourbon adalah kopi yang dihasilkan dari biji kopi di mana ketika matang tidak berwarna merah melainkan berwarna kuning.

Hanya ada tiga tempat di dunia ini yang menghasilkan biji kopi kuning. Pertama Brazil dengan nama Borbon. Kedua dari Flores dengan sebutan Yellow Katura. Ketiga, tentu saja Garut, yaitu biji kopi yang ditanam di tanah vulkanik Papandayan. Kopi ini juga yang memenangkan Cuping Test di Bandung pada tahun 2016. Biji kopi yang menghasilkan rasa yang khas dan berbeda dari yang lain. Kami memilih biji kopi kuning terbaik untuk kami proses untuk anda penikmat kopi sejati.

Honey Process.
Honey Process Karom Coffee.
Ceri kopi terbaik yang telah kami pilih, kami proses dengan cara yang sangat istimewa, diproses tanpa tersentuh air. Setelah ceri kopi segar dibersihkan, kami kupas kulitnya lalu kami menjemurnya selama dua puluh hari. Dari mulai proses pengupasan kulit hingga proses roasting, biji kopi ini sama sekali tak tersentuh oleh air. Dari hasil proses yang sangat istimewa ini, biji kopi ini menghasilkan rasa yang nikmat, lembut dan penuh kasih sayang.

Jika Anda menyeduh kopi ini, buih yang dihasilkannya lebih banyak dari yang lain. Kopi honey paling digemari oleh kaum hawa. Tapi bagi Anda kaum adam bukan berarti tidak boleh menikmati kekhasan rasanya.

Natural Process
Natural Process Karom Coffee.
Jangan pernah anggap nama natural di sini adalah kopi yang biasa. Ini adalah kopi spesial dengan proses paling lama. Biji kopi segar terbaik yang kami pilih, tanpa dikupas kulitnya, kami menjemurnya dengan durasi hingga satu bulan. Itu pun terjadi jika di musim kemarau, jika di musim hujan? Bisa lebih dari satu bulan tentunya.  Lalu apa faedahnya dari proses yang lama ini? Tentu saja rasanya. Natural Process ini akan mengunci rasa yang berbeda tergantung tempat penanaman biji kopi dan musim. Setiap tempat dan setiap musim akan menghasilkan rasa yang berbeda. Kami sendiri tidak bisa secara pasti menentukan rasa yang akan terjadi pada kopi ini. Yang jelas nikmatnya juga beda.

Original Process

Original Process Karom Coffee.
Kami menamai kopi ini Original Process bukan berarti kopi yang lain Kawe. Biji kopi segar kami proses sepenuhnya tanpa rekayasa. Tentu saja kopi yang kami proses adalah kopi yang terbaik, hanya saja prosesnya tidak serumit yang lain. Apa faedahnya? Tidak semua penikmat kopi menginginkan kopi hasil proses yang rumit. Sebagian orang justru menginginkan rasa kopi yang sederhana dengan rasa yang sama seperti rasa yang dulu pernah ada. Dari itu kami mengolah kopi terbaik kami untuk diproses tanpa rekayasa.

Cascara
Teh Cascara Karom Coffee.
Teh dihasilkan dari kopi? Bagi sebagian orang mungkin menganggap ini sebuah lelucon. Tapi percayalah, ini bukan lelucon, dan rasanya juga bukan lelucon. Rasanya nikmat dan berbeda karena teh cascara memiliki kekhasan rasa buah kopi yang asam manis. Bagi Anda penikmat teh, harus mencoba teh cascara ini.

Teh ini kami hasilkan dari kupasan kulit kopi. Setelah kami bersihkan, Kami menjemurnya beberapa hari lalu kami kemas. Cara penyeduhannya juga sangat gampang, sama seperti teh pada umumnya. Tinggal diseduh dengan air panas, teh cascara pun siap dihidangkan.  

Semua varian Karom Coffee ini tersedia dalam kemasan 250gr atau 125gr dengan harga yang bervariasi tergantung varian kopi. Untuk untuk pemesanan bisa dilakukan melalui Bukalapak, Tokopedia, atau order secara langsung. Semuanya bisa, tergantung cara yang favorit anda.

Coffe Story FC
Tokopedia : Coffee Story FC
Bukalapak : Coffee Story FC
Instagaram : @coffeestory_fc




Share This
Latest
Next Post

0 komentar: