Senin, 03 September 2018

Nisi GND Reverse, Filter untuk Penikmat Sunset/sunrise yang Sesungguhnya


Di postingan sebelumnya saya telah membahas secara umum tentang GND filter dan memberikan sedikit ulasan untuk GND Medium 4 stop. Kali ini giliran GND Reverse 0.9 atau 3 stop.

Nisi iR Reverse GND 0.9
GND reverse ini bisa dikatakan GND yang spesial. Karena biasanya harganya sedikit lebih mahal dari GND jenis lain. Tapi jika Anda memilih Nisi, Nisi membandrol GND Reverse mereka sama dengan GND yang lain. Kecuali GND Medium, GND Medium Nisi dibandrol sedikit lebih mahal. 

Yang membuat GND ini spesial dikarenakan GND ini menurut saya yang paling pas untuk kondisi sunset / sunrise, di mana matahari sebagai area paling terang berada di tengah. Semakin ke atas, di mana cahaya matahari semakin memudar, area gelap GND ini semakin memudar.


Boleh dibilang ini adalah filter GND favorit saya. Memang GND medium 4 stop lebih fleksibel untuk bermacam situasi. Tapi jika mengkhususkan untuk pemandangan sunset/sunrise di mana batas horizonnya jelas, dan area paling terang berada di atas horizon, maka ini adalah favorit saya. Terlebih saya seorang penggemar sunset/sunrise saat posisi matahari menyentuh horizon.

Berbeda dengan GND Hard yang memiliki area gelap yang solid dari tengah ke atas. Transisi GND Reverse dari tengah ke area bawah cukup solid mirip GND Hard. Sedangkan transisi ke atas lembut mirip GND Soft. Semakin ke atas semakin pudar area gelapnya. Karena transisi yang spesial ini GND reverse menghasilkan gambar yang terlihat lebih natural di banding GND yang lain. Sayangnya karena transisi ke bawahnya cukup solid membuatnya agak sedikit susah untuk digunakan di mana garis horizon terhalang oleh objek-objek lain.

Yang saya gunakan adalah GND reverse 0.9 atau 3 stop. Memang terkadang GND 3 stop ini dirasa kurang kuat untuk mereduksi saat pemandangan sunset yang sangat kuat. Tapi masih bisa diperbaiki saat post prosessing. Mungkin jika untuk pemandangan sunrise/sunset yang sangat kuat harus menggunakan GND Reverse 1.2 atau 4 stop.

GND Reverse dari Nisi ini memiliki kualitas yang sama baiknya dengan GND yang lain. Di mana ketajaman foto tetap terjaga dan color cast yang sangat kecil. Untuk holder-nya saya masih menggunakan holder yang sama.

Contoh Foto

Pemadangan di Pulau Santolo.
Ini adalah pemandangan ketika matahari hampir menyentuh Horizon. Di mana area terang berada di atas horizon. Tapi jika kita lihat di foto, ada pepohonan yang menghalangi hampir setengah panjang horizon. Idealnya, kondisi seperti ini menggunakan GND Soft atau Medium. Tapi saya tetap menggunakan GND Reverse dengan sedikit melakukan editing saat post processing untuk menaikan area shadow pada pepohonan.
Pemandangan Matahari terbenam di Pulau Santolo

Di foto di atas, garis horizon terlihat jelas. Hanya terhalang oleh rumah di sebelah kanan, bukan masalah yang besar karena saya bisa memperbaikinya saat post processing. Dengan GND reverse ini area langit terlihat lebih natural, exposure langit terlihat pas dan merata dari mulai garis horizon hingga ke atas foto.
Terasering pesawahan di Desa Situsari, Cisurupan.

Pemangangan di sini, area Horizon tidak terlihat jelas karena terhalang oleh sawah dan punggung gunung Cikurai. Tapi karena waktu itu saya hanya membawa GND Reverse, jadi saya tetap memaksakan. Selanjutanya saya tetap memperbaiki area shadow saat post processing.
Blue hour di situ Bagendit.

Berikutnya, pemandangan blue hour di Situ Bagendit. Ini adalah pemandangan sekitar 15 menit setelah matahari tenggelam. Ketika langit mulai berubah dari biru menuju gelap. Tapi di area horizon cahaya langit masih terlihat kuat. Jadi saya tetap putuskan untuk memakai GND Reverse. Walaupun kita lihat ada pohon yang menghalangi.

Berikut hasil foto yang lain.
Golden Hour Situ Bagendit.
Golden Hour Situ Bagendit.
Golden Hour di Situ Sari.


Kesimpulan

Sejauh ini saya merasa puas dengan GND Reverse dari Nisi ini. GND ini mereduksi cahaya dengan baik dengan color cast yang sangat rendah. Transisinya menghasilkan gambar yang terlihat lebih natural dari jenis GND lain. Sayangnya agak susah jika dipakai untuk pemandangan dengan banyak objek yang menghalangi garis horizon.

Share This
Latest
Next Post

0 komentar: